WeChat Perbarui Fitur Jelang Lebaran

WeChat Perbarui Fitur Jelang Lebaran  

Menjelang Idul Fitri, layanan pesan instan atau messenger WeChat memperbarui fiturnya lewat versi terbaru, WeChat 5.3. Fitur yang hadir ditujukan untuk meningkatkan fungsi komunikasi di hari raya umat muslim ini.

Fitur unggulannya adalah Sharing Location, terutama saat pengguna WeChat sedang melakukan perjalanan mudik Lebaran. Kemudian Group Chat, yang dapat memuat hingga 100 teman. Selanjutnya adalah Stiker Animasi bertema Ramadan dan Idul Fitri.

“Dalam menyediakan fiturnya, kami menyesuaikan dengan kebiasaan masyarakat di Indonesia,” ujar Chief Marketing Officer MNC Tencent, sebagai perwakilan MNC di Indonesia, Andy Lau, di Jakarta, Kamis, 18 Juli 2014.

Dia mencontohkan dalam menghadirkan stikernya, WeChat menambahkan gimmick dengan bahasa Indonesia, misalnya ucapan “Sahur” dan “Selamat Ramadan”. WeChat diklaim sebagai penyedia pesan instan pertama yang menyediakan stiker bergerak.

Andy mengatakan alasan menghadirkan fitur yang bersifat lokal karena Indonesia menjadi salah satu negara terbanyak pengguna WeChat. Sayangnya, dia enggan menyebutkan berapa total pengguna di Tanah Air.

Saat ini pengguna aktif WeChat secara global mencapai 300 juta. Adapun pertumbuhan penggunanya di kuartal pertama tahun ini mencapai 1.100 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2013.

Menurut Andy, alasan pertumbuhan WeChat cukup tinggi karena konsepnya yang gratis. “Apalagi semakin banyak telepon pintar dengan harga murah, sehingga semakin banyak WeChat digunakan,” kata dia.

Fitur baru lainnya di WeChat 5.3 adalah Translation yang memudahkan pengguna untuk berbincang dengan bahasa asing. Caranya, cukup mengetikkan kalimat dalam bahasa Inggris, lalu secara otomatis fitur tersebut akan menerjemahkan (SATWIKA MOVEMENTI).