Operator Seluler Siap Sambut Lebaran

Operator Seluler Siap Sambut Lebaran

Bulan puasa tak hanya mengubah pola makan dan minum, tapi juga ritme berkomunikasi. Mulai sahur hingga pagi, lalu lintas komunikasi sangat padat. Apalagi di era jejaring sosial seperti sekarang, linimasa Twitter sudah penuh sejak pagi buta.

Aktivitas ini tentu menambah trafik data. Puncaknya ketika sahur. ”Saat Ramadan, trafik jam empat pagi menjadi waktu puncak. Hampir sama dengan pagi dan sore hari,” kata Erik Meijer, Director and Chief Commercial Officer Indosat.

Berbeda dengan sebelumnya, peningkatan kapasitas data ini banyak didorong oleh tren media sosial dan layanan pesan instan, seperti BlackBerry Messenger dan WhatsApp. Adapun layanan pesan singkat atau SMS jumlahnya berkurang.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, berbagai operator mulai menambah kapasitas jaringan. Indosat, misalnya, menambah layanan data dari 100 terabita per hari tahun lalu menjadi 120 terabita pada tahun ini.

Adapun untuk layanan SMS, kapasitasnya menjadi 1,4 miliar per hari atau naik dari tahun lalu yang 1,2 miliar pesan per hari. Begitu juga dengan kapasitas suara menjadi 924 juta menit per hari dari sebelumnya 412 juta menit per hari.

Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan lalu lintas ini. Head of Network Services and Quality Group Telkomsel, Hendry Mulya Syam, mengatakan trafik data menunjukkan tren yang terus naik.

Pada 2011, lalu lintas data melonjak dua kali lipat dari 41 terabita menjadi 101 terabita. Tahun ini, Telkomsel memproyeksikan trafik data menjadi 160 terabita.

Adapun untuk kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 104.400 SMS per detik pada lebaran tahun ini, naik dari tahun lalu yang 83.750 SMS per detik. Adapun layanan suara diproyeksikan sebesar 1,15 miliar menit, naik dari 1,03 miliar menit.

Operator seluler XL tak mau ketinggala. Menurut Manager Public Relation Corporate Communication XL Henry Wijayanto, diproyeksikan terjadi kenaikan trafik sebesar 20-30 persen pada bulan Ramdan dibanding hari-hari biasa.

Ia menyebutkan trafik normal saat ini mencapai 600 juta menit voice, 660 juta SMS, 52 terabita data per hari. Angka ini meningkat dibanding tahun lalu, yakni trafik voice berada pada kisaran 530 juta menit, 630 juta SMS, dan 33 TB per hari.

Henry menjelaskan utilisasi kapasitas voice dan SMS baru mencapai 30-40 persen, sementara data mencapai 50-60 persen. Karena itu, kata dia, kapasitas XL masih mampu memenuhi trafik yang meningkat dua kali lipat dari hari normal. “Untuk menjaga customer experience, kapasitas ditingkatkan dua kali lipat,” katanya.

Usaha yang dilakukan para operator tersebut tentu membuat konsumen senang. Dengan begitu, ucapan maaf dan selamat pada hari raya Idul Fitri nanti diharapkan berjalan lancar meski dikirim pada waktu bersamaan. (Tempo.co)